oleh

Serapan Anggaran pada Dinas Pertanian, Proporsional

KABARPARLEMEN.ID – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Hidayat Muslim mengungkapkan soal serapan anggaran pada Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP). Hal tersebut terkait dengan tahun anggaran 2023.

Komisi II DPRD sendiri menggelar rapat kerja dengan DPKPP Kabupaten Tasikmalaya untuk mengetahui serapan anggaran. DPKPP memang merupakan mitra kerja bagi Komisi II DPRD.

“Kalau serapan anggarannya, itu proporsional. Karena Dinas Pertanian itu anggarannya tidak masuk terhadap DAU yang ditentukan. Jadi kebanyakannya dari DAK. Kami tahu persis lah kalau DAK itu seperti apa,” ujar Hidayat Muslim, Jumat (10/11/2023).

Sekalipun demikian, kata Hidayat Muslim, ada beberapa catatan yang pihaknya sampaikan kepada DPKPP. Terutama ketika melihat beberapa program yang rutin.

Salah satu catatannya, Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya meminta penyebaran anggarannya harus rata. Karena basis Kabupaten Tasikmalaya adalah pertanian.

“Ini sangat sering kami sampaikan. Tolong, penyebarannya (anggaran, Red.) harus merata. Terutama daerah-daerah yang menjadi penyangga produk-produk yang produktivitas pertaniannya tinggi. Contoh selatan. Di utara juga sama,” tambah Hidayat Muslim.

Artinya, sebaran anggaran pertanian tidak melulu pada lingkaran wilayah tengah atau barat Kabupaten Tasikmalaya saja. Catatan-catatan itu juga didasari dari pemakluman Komisi II, karena aggarannya dari DAK.

“Kami tahu persis lah kalau dari DAK. Kalau istilah kami di DPRD itu ‘diapuan’ lah. Jadi, mereka yang punya dan mereka yang menentukan. Kami hanya menerima manfaat saja,” lanjut Hidayat Muslim.

Adapun penekanan lain dari Komisi II, DPKPP ke depan harus bersama-sama mengevaluasi serapan anggaran. Supaya betul-betul antara eksekutif dengan legislatif itu saling bergandengan tangan. Karena kedua belah pihak simbiosis putualisma.

Artinya, kesepakatan tersebut adalah kesepakatan politik antara eksekutif dengan legislatif. Itu kata Hidayat Muslim didasarkan bahwa semua untuk kemajuan dan kesejahteraan semua masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.

“Kita tidak berbicara basis politik, kelompok, one by one; tetapi secara integral. Bahwa semua untuk masyarakat Kabupaten Tasikmalaya,” Hidayat Muslim menandaskan.

Komentar